IMPLEMENTASI ILMU GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA
PENGERTIAN
ILMU GRAFIK KOMPUTER
Ilmu
Grafik Komputer atau grafika computer (computer graphics) merupakan proses
untuk menghasilkan atau menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek
maupun latar-belakang yang terkandung pada gambar tersebut dengan menggunakan
komputer. Bentuk dari grafik komputer ini berawal dari grafika komputer 2D yang
merupakan bentuk sederhana dari grafik komputer yang kemudian berkembang
menjadi grafika komputer 3D.
Grafik
komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data. Bagian dari
grafik komputer meliputi:
1. Geometri : mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
2. Animasi : mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
3. Rendering : mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
4. Citra (Imaging) : mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
CONTOH
APLIKASI GRAFIK KOMPUTER
1. Gimp
Gimp
adalah alat atau program pengolah foto multiplatform . GIMP kepanjangan dari
GNU Image Manipulation Program. GIMP dapat digunakan untuk mengerjakan tugas
berbagai macam manipulasi gambar. Termasuk jika kita ingin sedikit merubah
foto, merubah komposisi gambar dan menyusun gambar.
2. Virtual
Reality
Virtual
reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata dimana user
dapat berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3D.
Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek pemandangan 3D dan
memampukan user berinteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan.
3. Computer-Aided
Design (CAD)
CAD
Adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dan
desain,khususnya untuk sistem arsitektural engineering. CAD banyak
digunakan dalam mendesain bangunan,mobil,pesawat, komputer, alat-alat
elektronik, peralatan rumah tangga dan berbagai produk lainnya. Salah satu
contoh dari aplikasi yang tergolong CAD ini adalah AutoCAD.
PENGERTIAN
PENGOLAHAN CITRA
Pengolahan
Citra (Image Processing) merupakan proses memperbaiki kualitas citra agar mudah
diinterpretasi oleh manusia atau komputer. Teknik pengolahan citra dilakukan
dengan mentrasformasikan citra menjadi citra lain, misalnya: pemanfaatan citra
(image compression).
Pengolahan
citra merupakan proses awal (preprocessing) dari komputer visi. Pengelompokkan
data numerik dan simbolik (termasuk citra) dilakukan secara otomatis oleh
komputer agar suatu objek dalam citra dapat dikenali dan diinterpreasi. Pengenalan
pola adalah tahapan selanjutnya atau analisis dari pengolahan citra.
Citra
ada 2 macam:
1. Citra
Kontinyu. Dihasilkan dari sistem optik yang menerima sinyal analog. Contoh:
mata manusia, kamera analog.
2. Citra
Diskrit / Citra Digital dibentuk dari pixel-pixel yang tergabung dalam satu
kesatuan yang membentuk sebuah citra yang hanya dapat dibuka dengan
komputerisasi.
CONTOH
APLIKASI PENGOLAHAN CITRA DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI
1. Teknologi
Pengaman, suatu system mengalami kemajuan pesat akibat dari pesatnya
perkembangan pengolahan citra pada bidang biometrika. Sebagai contoh
pemanfaatan sidik jari, iris, wajah, dan biometrika yang lainnya untuk system
identifikasi seseorang.
2. Bidang
Fotografi, kemajuan dibidang fotografi memberi dampak pada bidang-bidang
astronomi, photogrametry, dan fisika partikel. Para astronom dapat melakukan
pengukuran terhadap posisi dan jarak suatu bintang dari foto udara. Para
fisikiawan menggunakan citra dari gelembung hydrogen untuk melakukan penelitian
dan telah mengantarkan kepada penemuan berbagai partikel dasar.
3. Bidang
Visual, dunia arsitektur dapat membuat desain visual suatu bangunan sebelum
malakukan pembangunan yang sesungguhnya. Desain visual akan sangat mempermudah
para arsitek dalam memberikan penjelasan rinci terhadap suatu rancangannya.
Komentar
Posting Komentar