IMPLEMENTASI ILMU GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA


PENGERTIAN ILMU GRAFIK KOMPUTER

Ilmu Grafik Komputer atau grafika computer (computer graphics) merupakan proses untuk menghasilkan atau menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar-belakang yang terkandung pada gambar tersebut dengan menggunakan komputer. Bentuk dari grafik komputer ini berawal dari grafika komputer 2D yang merupakan bentuk sederhana dari grafik komputer yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D.

 Grafik komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data. Bagian dari grafik komputer meliputi:

1. Geometri : mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
2. Animasi : mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
3. Rendering : mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
4. Citra (Imaging) : mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.

CONTOH APLIKASI GRAFIK KOMPUTER

1.      Gimp 

Gimp adalah alat atau program pengolah foto multiplatform . GIMP kepanjangan dari GNU Image Manipulation Program. GIMP dapat digunakan untuk mengerjakan tugas berbagai macam manipulasi gambar. Termasuk jika kita ingin sedikit merubah foto, merubah komposisi gambar dan menyusun gambar.

2.      Virtual Reality

Virtual reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata dimana user dapat berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3D. Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek pemandangan 3D dan memampukan user berinteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan.

3.      Computer-Aided Design (CAD)

CAD Adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dan desain,khususnya untuk sistem arsitektural engineering. CAD banyak digunakan dalam mendesain bangunan,mobil,pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah tangga dan berbagai produk lainnya. Salah satu contoh dari aplikasi yang tergolong CAD ini adalah AutoCAD.



PENGERTIAN PENGOLAHAN CITRA

Pengolahan Citra (Image Processing) merupakan proses memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau komputer. Teknik pengolahan citra dilakukan dengan mentrasformasikan citra menjadi citra lain, misalnya: pemanfaatan citra (image compression).

Pengolahan citra merupakan proses awal (preprocessing) dari komputer visi. Pengelompokkan data numerik dan simbolik (termasuk citra) dilakukan secara otomatis oleh komputer agar suatu objek dalam citra dapat dikenali dan diinterpreasi. Pengenalan pola adalah tahapan selanjutnya atau analisis dari pengolahan citra.

Citra ada 2 macam:

1.      Citra Kontinyu. Dihasilkan dari sistem optik yang menerima sinyal analog. Contoh: mata manusia, kamera analog.

2.      Citra Diskrit / Citra Digital dibentuk dari pixel-pixel yang tergabung dalam satu kesatuan yang membentuk sebuah citra yang hanya dapat dibuka dengan komputerisasi.

CONTOH APLIKASI PENGOLAHAN CITRA DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI

1.      Teknologi Pengaman, suatu system mengalami kemajuan pesat akibat dari pesatnya perkembangan pengolahan citra pada bidang biometrika. Sebagai contoh pemanfaatan sidik jari, iris, wajah, dan biometrika yang lainnya untuk system identifikasi seseorang. 

2.      Bidang Fotografi, kemajuan dibidang fotografi memberi dampak pada bidang-bidang astronomi, photogrametry, dan fisika partikel. Para astronom dapat melakukan pengukuran terhadap posisi dan jarak suatu bintang dari foto udara. Para fisikiawan menggunakan citra dari gelembung hydrogen untuk melakukan penelitian dan telah mengantarkan kepada penemuan berbagai partikel dasar.

3.      Bidang Visual, dunia arsitektur dapat membuat desain visual suatu bangunan sebelum malakukan pembangunan yang sesungguhnya. Desain visual akan sangat mempermudah para arsitek dalam memberikan penjelasan rinci terhadap suatu rancangannya.


Komentar

Postingan Populer